Liesnaeka's Blog

Tembi, Desa Wisata Kaya Pesona

Posted on: Juni 22, 2009

Bantul yang merupakan kabupaten yang terkenal dengan kerajinannya,kini memiliki sebuah desa yang dikembangkan berbasis wisata budaya. Sebagai desa yang baru diresmikan pada tahun 2006 sebagai desa wisata, desa Tembi yang terletak di Jalan Parangtritis Km 8,4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul.telah memiliki cukup banyak tawaran untuk pengunjung, mulai dari 38 buah homestay, belajar membuat kerajinan, membajak sawah, berternak bahkan belajar menimba air sumur.
Bagi yang belum pernah membenamkan kaki ke dalam sawah, menanam padi, menggiring kerbau, serta membajak sawah. Saai ini dengan berkunjung ke Desa Tembi, wisatawan merasakan sendiri sebuah pengalaman berharga tersebut. Wisatawan akan diajarkan tentang cara menanam padi dan membajak sawah, serta kemudian mempraktekannya secara langsung. Dengan paket ini anda dapat mengalami sendiri bagaimana menjadi seorang petani secara tradisional.
“Fasilitas disini memang dirancang bagi wisatawan yang ingin belajar dan menikmati suasana alam pedesaan, dan kini kami juga sedang membangun flying fox untuk fasilitas disini” tutur Ibnu Sutopo, selaku kepala desa Tembi.
Homestay yang disediakan di Tembi bergaya rumah tahun 1940an, walaupun lama fasilitas yang ada tetap modern, ada AC, kolam renang dan kamar mandi yang memakai shower. Di Tembi sendiri, ada pula Tembi House of Culture, sebuah tempat peristirahatan baru semacam resort sederhana yang dirancang dengan konsep bersuasanakan alam desa. Dengan rancangan itu, jadilah Tembi House of Culture sebagai “resort ndeso” yang memiliki layanan tidak kalah dengan hotel berbintang. Lokasinya tepat berada di sebelah Rumah Budaya Tembi, Kedua tempat itu dibuat menyatu sehingga saling mendukung.
Selain itu, ketika menginap, wisatawan dapat menemukan relaksasi tersendiri dalam kesenian khas Tembi. Dalam wisata kesenian ini, kesenian khas Tembi yang akan ditampilan yaitu kesenian musik tradisional Bangbung dan Cokekan. Menikmati melewati hari anda di Tembi dengan menyaksikan dan berpartisipasi aktif dalam pertunjukan secara langsung.
“Kebanyakan yang datang adalah warga negara asing yang ingin mengerti budaya lokal, tarif yang ditawarkan adalah 75 dollar bagi wisatawan asing dan 55 dolar untuk wisatawan lokal,” kata Ibnu.
Tertarik berkunjung ke Tembi? Silakan datang langsung atau hubungi 0274 3015450. Selamat menikmati menjadi orang desa !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: