Liesnaeka's Blog

Kaliurang, Pesona Alam yang begitu Memikat

Posted on: Juni 22, 2009

“Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali…..” itulah salah satu kutipan lagu yang bisa menggambarkan kondisi Kaliurang.

Kawasan wisata kaliurang yang berada di sebelah utara kota Yogyakarta dan merupakan lereng gunung Merapi merupakan tempat yang nyaman untuk rekreasi.

Walau sering sekali gunung Merapi meletus, tapi wilayah yang terkenal dengan Mbah Maridjan tersebut setiap minggunya selalu ramai dengan wisatawan.

Dengan hanya 500 rupiah, kita sudah bisa masuk ke wilayah Kaliurang. Selain wisata alam seperti Menyusuri sisi barat Bukit Plawangan sejauh 1100 meter, perjalanan lintas alam melalui jalan tanah yang diapit pepohonan dan lereng rimbun dan deretan 22 gua peninggalan Jepang menjadi salah satu keunikan wisata alam Kaliurang.

Selain wisata alam, di Kaliurang terdapat  beberapa bangunan peninggalan sejarah. Diantaranya adalah Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara, ada Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah. Museum ini menguak misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berhubungan dengan putri Kraton Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.

Tak lengkap bila rasanya tidak ada taman bermain. Pengelola Kaliurang juga menyediakan taman Rekreasi, disana ada ayunan, perosotan atau berenang di kolam kecil. Selain itu para pengunjung bisa berkeliling menggunakan kereta kelinci yang dikenal dengan istilah sepoer. Kendaraan ini biasa mangkal di depan taman wisata yang dipenuhi dengan kios-kios penjaja makanan. Jalur yang dilaluinya mengitari kawasan wisata Kaliurang dari timur ke barat. Melewati gardu pandang yang terletak di sebelah barat, Merapi akan terlihat jelas ketika cuaca cerah. Tarif untuk menaiki kendaraan ini Rp.3.000 per orang jika yang naik minimal tujuh orang. Untuk perjalanan eksklusif, Rp.20.000 akan membuat perjalanan layaknya seorang bangsawan.

Sebelum pulang pastikan untuk membawa oleh-oleh yang dijajakan. Mulai dari buah-buahan produksi petani lokal hingga makanan khas yakni tempe dan tahu bacem serta jadah (makanan yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa) dengan harga yang murah meriah banyak dijajakan penjual disana. Yuk ke Kaliurang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: