Liesnaeka's Blog

Futsal SMA MUh 7 Yogyakarta.. Juara.. Juara dan Juara…

Posted on: Juni 22, 2009

Futsal. Olahraga yang asal mulanya dari Uruguay tahun 1930 ini kini banyak diminati. Tak hanya untuk permainan, olahraga ini sudah banyak dijadikan sebagai lomba-lomba.

Tim futsal SMA Muh 7 Yogyakarta yang disebut tim futsal mutu FC banyak mengantongi banyak kejuaraan, mulai dari kejuaraan tingkat lokal sampai tingkat nasional. Tahun 2008, Tim Futsal mutu ini berhasil memenangkan kejuaraan futsal tingkat nasional Xlent Heroes XL Futsal Competition di Jakarta tahun ini, serta juara 1 dan 2 Padmanaba Futsal Cup se-DIY.

Menurut bapak Sudarmadji selaku manager mutu FC, tim futsal ini terbentuk berawal dari ekstrakulikuler sepakbola yang pada pertengahan tahun 2007 dibuat cabang olahraga futsal. Pada pertandingan pertama, fultsal mutu FC kalah, pertandingan kedua menjadi juara 3 dan akhirnya satu demi satu piala-piala selalu dan selalu bermunculan dari canbang futsal ini.

Tak heran jika kini futsal menjadi bidang unggulan di Mutu, bahkan jika ada pendaftaran siswa baru, sekolah tak segan-segan memberi hadiah keringanan biaya sekolah mencapai 50 % jika ada calon murid berprestasi di bidang sepakbola tingkat kota maupun provinsi. Upaya menciptakan atlet berprestasi juga dilakukan Mutu, sebutan untuk SMA Muhammdiyah 7, melalui penjaringan bibit-bibit unggul. Salah satu caranya dengan menggelar turnamen futsal untuk tingkat SMP. Upaya itu sudah dilakukan selama empat tahun berturut-turut. Nah, itu sebabnya SMA Muh 7 Yk menjadi ‘gudang’ anak-anak berprestasi di bidang olahraga.

Kini tim Futsal Mutu FC memiliki 60 an lebih personil dan dibagi menjadi tim A dan tim B,”Karena memang banyak anak-anak yang menyukai futsal dan memang berpotensi dibidang ini, maka kami memperbolehkan tim ini banyak personilnya,” tutur pak Sudarmadji.

Dengan personel yang banyak tersebut, tidak mungkin jika  semua anggota bisa mengikuti kejuaraan, maka dipilihlah orang-orang terbaik dari banyak orang yang baik tersebut. Untuk memilih personil bukanlah perkara yang mudah, karena memang mutu banyak yang ahli dibidang futsal. Mutu sering mengadakan turnamen pada waktu milad sekolah, latihan seminggu dua kali, latih tanding sebulan sekali dengan sekolah lain maupun klub-klub futsal untuk menjajal kemampuan siswanya dalam bermain futsal.

“Kami sangat senang bermain futsal, saya masuk SMA ini karena sejak SMP memang suka olahraga ini, futsal bisa menjadi sarana olahraga dan menambah prestasi. Jika kami menang, kami bangga, tapi jika kalah, wah,bisa sampai drop,” tutur Chyfan sebagai anggota tim Futsal Mutu FC.

Pendapat tersebut selaras dengan pendapat Adi, dengan ikut tim futsal Mutu, banyak keuntungan yang diraih, yaitu sesama pemain saling mengingatkan, rasa kesetiakawanan terpupuk dengan baik dan juga terjadi kekompakan antara pemain, manager maupun pelatih. Alhasil, jarang sekali terjadi pertengkaran antar anggota tim futsal.

Walau sering juara, sebenarnya Tim futsal Mutu pilih-pilih loh, jika ada kejuaraan lomba futsal, tim ini melihat kesiapan fasilitas tempat sampai hadiah yang ditawarkan. “Kami tidak ingin mengambil resiko, jika lapangannya kurang baik (keras) pemain bisa saja cedera dan kemungkinan tidak bisa ikut pada kejuaraan-kejuaraan lainnya. Kan kebanyakan pemain kali adalah pemain juga di klub-klub luar, jadi kami tidak berani ambil resikao, dan juga jika hadiah tidak sesuai dengan pengeluaran yang kami lakukan untuk persiapan futsal, kami tidak akan ikut kejuaraan tersebut,” tutur pak Darmadji.

Yap, Tim futsal mutu FC yang dilatih oleh bapak Rohadi ini ternyata pemainnya merupakan pemain-pemain yang unggul di klub-klub sepakbola maupun futsal. Alhasil jika saat latihan futsal maupun bertanding, tak jarang ada anggota yang tidak bisa ikut bermain karena bertabrakan dengan jadwal klubnya.

Yap, sekolah ini memang sekolah untuk jawara-jawara futsal, maka tak salah jika sekolah ini mencanangkan ini sebagai sekolah bola. Ketika ditanya apakah akan ada tim futsal putri, pak Darmadji hanya menjawab,” Wah, kami tidak membuka futsal untuk yang putri, namun kami akan mencoba lebih mengembangkan olahraga lain selain futsal” tutur beliau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: